KHMIPO MENGABDI II 2023, “semangat ngayah melalui KMHIPO MENGABDI II, implementasikan tri dharma perguruan tinggi”

KMHIPO Mengabdi merupakan salah program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat, program kerja ini di latar belakangi oleh semangat Mahasiswa Hindu Politeknik Negeri Lampung untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat (Semangat Ngayah), untuk mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat  di desa karena antusias masyarakat di daerah sangat tinggi dengan kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa, selain itu program kerja ini juga merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terkhususnya pengabdian kepada masyarakat Hindu di daerah.

Program kerja ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh KMHIPO setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2022, berbeda dengan tahun sebelumnya pada kegiatan tahun ini diikuti oleh peserta pasraman Se- Kecamatan Pasir Sakti.

Tahun ini kegiatan KMHIPO MENGABDI II mengusung tema “semangat ngayah melalui KMHIPO MENGABDI II, implementasikan tri dharma perguruan tinggi” yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 september 2023 dan bertempat di desa Kedung Ringin, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat setempat bahkan masyarakat setempat turut memberikan dukungan sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan berjalan sesuai harapan.

Pada kegiatan kali ini sedikit lebih spesial karena dihadiri dan dibuka langsung oleh parisadha Kabupaten Lampung Timur yaitu bapak Komang Muliarse, dalam sambutan beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa yang mengadakan kegiatan pengabdian, serta beliau juga menyambut baik kegiatan yang diadakan di kecamatan pasir sakti, “saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang mau turun langsung ke masyarakat, saya sebagai parisadha tentu sangat mengarapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya”. beliau juga menambahkan bahwa parisadha siap untuk mendukung dan berkolaborasi dengan mahasiswa untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat, “selama kegiatan tersebut positif dan turut melibatkan masyarakat, parisadha siap mendukung dan berkolaborasi dengan mahasiswa”.

Secara umum kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengedukasi serta mengabdi kepada masyarakat hindu khususnya di kecamatan pasir sakti yang terbagi atas beberapa desa adat, sesuai dengan harapan panitia antusias peserta sangat tinggi lebih dari 80 peserta dari jenjang pendidikan SD sampai SMA, mengikuti kegiatan yang diadakan dari tanggal 2-3 september ini. kegiatan kali ini di isi dengan beberapa kegiatan antara lain yaitu kegiatan persembahyangan bersama dengan penduduk setempat, kegiatan yoga, pemberian materi, nonton bersama, pembuatan klakat dan klansah, pembuatan canang sari, pembuatan tempat dupa dan bersih-bersih area pura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *